Rabu, 11 Januari 2012

Upaya pendidikan dalam mengantisipasi terhadap masa depan

Upaya pendidikan dalam mengantisipasi terhadap masa depan

Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan masa depan. Generasi baru yang dihasilkan pendidikan tersebut yaitu manusia yang melek teknologi dan melek fikir, namun tidak melupakan kebudayaan yang ada.
Dalam kehidupan di masa depan, generasi baru mendapatkan empat macam tantangan, yaitu:
1.       Generasi baru tersebut mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan peluang globalisasi dalam segala bidang.
2.       Wawasan dan pengetahuan yang memadai tentang IPTEK.
3.       Kemampuan menyaring dan memanfaatkan arus informasi yang semakin padat dan cepat.
4.       Mampu bekerja efisien sebagai cikal bakal kemapuan professional.
Dengan mampunya generasi baru tersebut melaksanakan keempat tantangan tersebut dengan baik, maka generasi tersebut telah dianggap mampu menyesuaikan diri dengan keadaan di masa depan.
Santoto S.Hamijoyo mengemukakan lima strategi dasar dalam era globalisasi tersebut yakni:
1.       Pendidikan untuk pengembangan IPTEK, dipilih terutama dalam bidang-bidang yang vital, seperti manufacturing dan pertanian, sebagiai modal utama menghadapi globalisasi.
2.       Pendidikan untuk mengembangkan keterempilan manajemen, termasuk bahasa-bahasa asing yang relevan untuk hubungan perdagangna dan politik, sebagai instrument operasional untuk berkiprah dalam globalisasi.
3.       Pendidikan untuk pengelolaan kependudukan, lingkungan , keluarga berencana dan kesehatan sebagai penangkal terhadap menurunnya kualitas hidup dan hancurnya system pendukung kehidupan manusia.
4.       Pendidikan untuk mengembangkan sistem nilai, termasuk filsafat, agama dan ideologi demi ketahanan social budaya termasuk persatuan dan kesatuan bangsa.
5.       Pedidikan untuk mempertinggi mutu tenaga kependidikan dan kepelatihan, termasuk pengelola sitem pendidikan formal dan nonformal, demi menggalakan peningkatan pemerataan mutu relevasi dan efesiensi sumber daya manusia secara keseluruhan.

1.       Upaya mengatasi masa depan
Seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia sekarang ini sedang beralih dari masyarakat agraris ke masyarakat industry dan masyarakat informasi. Oleh karena itu mengembangkan sumberdaya manusia, utamanya melalui pendidikan sebagai pilar utama, akan sangat penting. Dalam penjelasan UU-RI No: 2 tahun 1989 ditemukan sebagai berikut: “dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional sebagai pengalaman pancasila dibidang pendidikan maka pendidikan nasional mengusahakan,
1.       Pembentukan manusia pancasila sebagai manusia pembangunan yang tinggi kualitasnya dan mampu mandiri
2.       Pemberian dukungan bagi perkembangan bagi masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia yang terwujud dalam ketahanan nasional yang tangguh.
dari penjelasan itu ternyata fungsi pendidikan tidak hanya untuk membangun manusia saja, tetapi juga ikut serta dalam pembangunan masyarakat. Oleh karena itu kajian tentang upaya mengantisipasi masa depan melalui pendidikan akan diarahkan pada.
1.       Aspek yang paling berperan dalam individu untuk memberi  arah antisipasi tersebut yakni nilai dan sikap
2.       Pengembangan budaya dan sarana kehidupan
3.       Tentang pendidikan itu sendiri, utamanya pengembangan sarana pendidikan
ketiga hal di atas merupakan titik strategi dalam mengantisipasi masa depan tersebut.

2.       Perubahan nilai dan sikap
Nilai dan sikap memegang peranan penting dalam menentukan wawasan dan perilaku manusia. Nilai merupakan norma, acuan yang seharusnya, dan atau kaidah yang akan menjadi rujukan perilaku. Nilai-nilai tersebut dapat bersumber dari berbagai hal, seperti agama, hokum, adat istiadat, moral, dan sebagainya, baik yang tertulis maupun yang tidakntertulis. Bagi bangsa Indonesia dengan masyarakat yang majemuk terjadi variasi nilai dan tata kelakuan.

3.       Pengembangan kebudayaan
Salah satu upaya penting dalam mengantisipasi masa depan adalah upaya yang berkaitan dengan pengembangan kebudayaan dalam arti luas, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan saran kehidupan manusia. Seperti telah dikemukakan, kebudayaan mencakup unsur-unsur mulai dari system religi, kemasyarakatan, pengahuan, bahasa, kesenian, mata pencaharian, sampai dengan system teknologi dan peralatan. Unsur-unsur terakhir tersebutlah yang paling mudah berubah dibandingkan dengan unsur lainnya. Akan tetapi, perubahan masyarakat Indonesia daari masyarakat pertanian ke masyarakat industri dan masyarakat informasi telah menyebabkan keseluruhan unsur-unsur tersebut akan mengalami pengaruh yang kuat.

4.       Pengembangan saran pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam mengantisipasi masa depan, Karena pendidikan selalu diorientasi pada penyiapan peserta didik untuk berperan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pengembangan sarana penuntuk didikan sebagai salah satu persyaratan utama untuk menjemput masa depan dengan segala kesempatan dan tantangannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar